Chasis Bus Dipadukan Dalam Modif Extreme Honda Vario 110

Chasis Bus Dipadukan Dalam Modif Extreme Honda Vario 110dalam dunia per bus-an, Sering kita dengar istilah SHD yang arti kepanjangan nya Single High Deck. 


Modifikasi Honda Vario

DATA MODIFIKASI Extreme Honda Vario 110 

Ban depan : Michelin 190/50-17
Ban belakang : Shinko 300/35-18
Pelek depan : Mobil
Pelek belakang : Mobil dicustom
Sok depan : Handmade
Sok belakang : Jupiter MX
Swing arm : Custom
Footsteep : TAD
Knalpot : AHRS.

Aplikasi bodi model seperti  ini bisa diadaptasi untuk sasis bus dengan model standar macam Hino R260, Maupun sasis premium space frame seperti Scania K380 dan Volvo B12R.

Wory Ransindustrianto, Adalah pengusaha bus Duane Putra yang tergolong manusia paling banyak maunya diantara pecinta Otomotif lainnya. 

Disini dia mencoba menerapkan konsep SHD pada Modifikasi Extreme Honda Vario 110 miliknya. 

Rancangan sasis dibuat extreme seperti SHD, Namun tetap didorong oleh mesin berkapasitas mungil bawaan Honda Vario 110cc.

Konstruksi sasis dibuat besar layaknya bus SHD, Namun didorong mesin mungil 110 bawaan Vario. 

Pecinta Otomotif tentunya penasaran kan hasil ubahannya kayak apa? Mari kita simak ulasan berikut ini

Mekanisme ajrutan depan dibuat sedemikian radikal, Caranya aplikasi suspensi model mono fork rigid, Kemudian dikombinasi velg mobil ditambah ban Michelin ukuran 190/50-17 gambot.

Andika dari Bree Custom from Oslo alias Solo, Jawa Tengah mengatakan: 

“Paling rumit pada komstir. Soalnya harus bekerja baik dan fungsional, Karena beban paling berat bertumpu di bagian sini. Lantaran pakai pelek mobil Otomatis beban akan semakin bertambah, Makanya, Kita pakai laher komstir dari alat berat as bucket eskavator Komatsu,”.

Shock Honda Vario

2. Shock Belakang;

Modifikasi kali ini Menganut konsep transexual, Jadi secara sistem suspensi belakang digarap dengan konstruksi unik, Andika memakai monoshock Yamaha Jupiter MX 135 LC, Shock tersebut diletakan pada bagian depan mesin. 

Olahan kali ini dirancang dengan menggunakan swing arm baru dengan konstruksi yang sangat rumit, yakni menggunakan batang penyeimbang dengan sistem pro link. 

Nah loh pecinta Otomotif paham atau tidak ya ? Ya kan sobat pembaca Otomotif masih bisa browsing kembali melalui Google Search. 

Hal ini dilakukan bertujuan untuk menyumbang estetika yang nyentrik, Serta guna mendukung tampilan yang gagah. 

Untuk velg nya, Modifikasi ini juga comot dari velg mobil, Yang kemudian dilapis ban Shinko ukuran 300/35-18, Super Gambot.

3. Sasis; 

Pada bagian ini divermak total dengan cara memakai material pipa ¾ inci. Sebagai konstruksi utama alias main frame maka hal ini harus difikirkan matang-matang, Mulai dari komstir, rangka di bawah tangki, down tube hingga engine mounting nya.

“Penguatnya pakai pelat 3 mm pada beberapa sudut, Konstruksi sasis bikinan ini sudah dibuktikan kuat dibawa riding, sekaligus show off dari sisi visual.

Honda Vario Modif Extreme

4. Transfer Gear;

Komponen pada CVT masih bawaan pabrik Honda, Namun karena mesin diletakkan di antara rangka dari swing arm. 

Agar roda belakang bisa tetap berputar, Maka dibuat mekanisme transfer gir, Caranya adalah, As roda belakang dipasang gir 36 mata. 

Dan Dihubungkan rantai ke satu gir lagi bermata 56 di bawahnya dan diposisikan di as swing arm sebelah kanan.

As swing arm ini akan memutar gir lagi di sisi kirinya, Lalu kemudian ditransfer ke gir di roda belakang, Mirip mekanisme transmisi matik pada bus hitech yang kita tau masa kini.

5. Body; 

Desain ini mengacu pada konsep Street Fighter atau agak mirip-mirip sugomi lah, Seperti olahan tangki besar sayap, termasuk bodi di bawah mesin yang membuat semplakan jadi terlihat lebih padat.

Ditambah keren lagi lewat olahan headlamp dan stoplamp bergaya super sporty. Finishingnya, Digrafis tema Techno dari cat Danagloss dan polired Sikkens sehingga hasilnya Mantapppp.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Chasis Bus Dipadukan Dalam Modif Extreme Honda Vario 110"

Posting Komentar